Memasuki usia 9 bulan menjadi waktu bagi bayi untuk mulai belajar berjalan. Namun tidak sedikit anak yang mengalami hambatan dalam proses belajar berjalan yang menjadi salah satu tahapan dalam proses tumbuh kembangnya. Hal ini tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua, apalagi orang tua yang baru pertama kali memiliki anak.

Nah untuk Bunda yang menemui masalah yang sama yaitu si kecil proses belajar berjalan si kecil yang lambat, jangan lupa untuk terus memperhatikan asupan gizi yang diperlukannya. Pilihlah makanan-makanan sehat yang bisa mendukung proses tumbuh kembang anak. Selain memperhatikan asupan gizi, ada 7 cara lain yang harus Bunda lakukan agar buah hati Bunda bisa cepat berjalan.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

1. Jangan Pakaikan Popok

Selain menyebabkan ruam pada kulit bayi yang masih sensitif, pemakaian popok yang terlalu sering juga menjadi salah satu penyebab si kecil lambat berjalan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari para psikolog di New York University terhadap 60 bayi yang baru belajar berjalan. Dalam penelitian itu, bayi cenderung terjatuh saat memakai popok karena popok membuat adanya gumpalan di antara kedua kaki, yang pada akhirnya berpotensi mengurangi keseimbangan pada bayi. Pada saat tidak memakai popok, bayi-bayi ini cenderung mengambil langkah yang lebih lebar dan pendek, serta intensitas jatuh saat belajar berjalan pun lebih kecil dibandingkan saat memakai popok.

Nah untuk Bunda yang terbiasa memakaikan popok ke anak, usahakan untuk mengurangi pemakaiannya yah. Bunda cukup memakaikan popok pada si kecil saat bepergian keluar rumah.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

2. Lepaskan Anak dari Gendongan

Menggendong anak memang menjadi salah satu bentuk curahan kasih sayang. Tapi jika Bunda ingin melihat si kecil tumbuh jadi anak yang aktif, sering-sering lah untuk melepaskannya dari gendongan. Anak yang terlalu sering digendong juga memiliki kecenderungan menjadi manja dan lebih malas untuk belajar berjalan. Dengan melepaskan anak dari gendongan, ia akan lebih bebas untuk bergerak yang tentunya juga berpengaruh dalam proses tumbuh kembangnya, termasuk mempercepat proses belajar berjalan.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

3. Manfaatkan Sarana Pendukung agar Anak Cepat Berjalan

Untuk mempercepat proses belajar berjalannya, Bunda juga bisa memanfaatkan sarana pendukung seperti Baby Moon Walk yang saat ini banyak dipakai para ibu untuk membuat bayinya bisa lebih cepat berjalan. Selain mempercepat ia untuk berjalan, Baby Moon Walk ini sangat aman untuk si kecil, karena dilengkapi dengan pegangan kokoh yang bisa Bunda pegang dan berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan bayi terjatuh saat belajar berjalan.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

4. Bebaskan Anak untuk Bergerak Aktif

Kesalahan utama orang tua yang justru menjadi penghambat proses tumbuh kembang anak adalah selalu melarang anak untuk begerak aktif, karena takut anaknya terjatuh dan sebagainya. Nah jika ingin melihat si kecil bisa lebih cepat berjalan, usahakan untuk tidak membatasi ruang geraknya yah, Bunda. Bebaskan lah ia untuk bergerak aktif, tapi jangan lupa pula untuk memperhatikan keamanan lingkungan rumah. Misalnya untuk tangga, tambahkanlah pagar kecil untuk menghindari anak terjatuh saat bermain di area tangga.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

5. Jauhkan Barang-Barang Berbahaya dari Jangkauan Anak

Untuk meminimalisir kemungkinan anak terluka saat belajar berjalan, jauhkan barang-barang berbahaya seperti barang elektronik dan barang yang mudah pecah dari jangkauannya. Si kecil yang belum genap berusia 1 tahun tentunya belum bisa membedakan mana barang yang aman dan mana yang tidak untuknya. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda membersihkan area bermain si kecil dari barang-barang yang berbahaya untuk anak.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

6. Gunakan Sepatu Anti Slip yang Mengeluarkan Bunyi

Penggunaan sepatu yang lucu apalagi sepatu yang mengeluarkan bunyi, bisa menjadi salah satu cara untuk menyemangati si kecil saat belajar berjalan. Bunyi yang ditimbulkan oleh sepatu saat si kecil berjalan, tentunya akan membuatnya senang dan semakin bersemangat untuk belajar berjalan. Tapi jangan lupa untuk memilih sepatu anti licin yang bagian sol bawahnya kasar dan tebal tapi tetap ringan untuk si kecil yah, Bunda.


7 Cara Agar Anak Bisa Cepat Berjalan

7. Gunakan Permainan

Bermain sambil belajar bisa menjadi cara seru yang bisa Bunda lakukan untuk membuat anak bisa lebih cepat berjalan. Bunda bisa berjongkok dan mengulurkan tangan untuk menangkap si kecil untuk memancingnya berlari ke arah Bunda. Cara ini tentunya akan mendorong anak untuk berjalan dengan lebih cepat, dan pandai menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan.


Artikel Pilihan Lainnya