Saat ini semakin banyak bermunculan jajanan sekolah yang belum tentu terjamin kebersihan dan kandungan gizinya. Biasanya jajanan sekolah cenderung memiliki rasa yang enak dan tampilan yang memikat anak kecil, sehingga anak kecil tertarik untuk membelinya atau bahkan merasa ketagihan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda dapat mengakalinya dengan menyiapkan bekal makanan dengan tampilan yang menarik, namun tetap mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan oleh buah hati. Mungkin Bunda merasa kebingungan dalam membuat bekalan makanan yang sehat sekaligus menarik untuk anak.

Berikut beberapa tips untuk Bunda dalam membuat bekalan makanan yang sehat sekaligus menarik untuk anak.


Membuat Bekal Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak

1. Perhatikan Kandungan Gizinya

Hal utama yang harus Bunda perhatikan dalam membuat bekal makanan untuk buah hati adalah kandungan gizinya. Asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, baik itu pertumbuhan fisik maupun kecerdasan otak. Oleh karena itu, pastikan Bunda menyiapkan bekal makanan yang memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Variasikan menu yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan anak. Karbohidrat dapat diperoleh dari kentang, nasi, dan jagung, sedangkan protein diperoleh dari ikan, ayam, dan daging sapi.

Lemak dapat diperoleh dari ikan, daging ayam, telur dan susu. Vitamin dari buah-buahan, sedangkan mineral dari sayur-sayuran dan susu.


2. Diskusikan Variasi Menu dengan Anak

Agar setiap harinya Bunda tidak kebingungan dalam menentukan bekal untuk si kecil, Bunda dapat membuat daftar variasi menu per minggu. Dengan menu makanan yang bervariasi setiap harinya, si kecil tidak akan merasa bosan menyantap makanan tertentu. Bunda dapat memanfaatkan libur weekend untuk berdiskusi dengan si kecil mengenai makanan apa yang ingin ia makan dalam waktu satu minggu ke depan.


Membuat Bekal Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak

3. Bentuk Makanan dengan Pola Lucu

Agar si kecil bersemangat saat menyantap bekal makanan yang Bunda siapkan, Bunda dapat membentuk makanan dengan pola-pola yang lucu dan unik. Saat ini cetakan-cetakan lucu untuk membuat bekal sudah sangat banyak beredar di pasaran, jadi Bunda tidak perlu pusing dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membentuk makanan dengan pola yang lucu.


Membuat Bekal Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak

4. Gunakan Kotak Makan dengan Karakter Kesukaannya

Anak cenderung lebih menyukai barang-barang yang berkaitan dengan karakter tokoh kartun idolanya. Untuk membuat bekal makanan menjadi lebih menarik di mata si kecil, salah satu cara yang dapat Bunda lakukan adalah dengan menggunakan kotak makan yang dengan gambar tokoh kartun idola si kecil.


5. Samarkan Makanan yang Tidak Disukainya

Jika buah hati Bunda termasuk anak yang “picky eater” atau pilih-pilih dalam hal makanan, Bunda dapat mengkombinasikan makanan yang tidak disukainya dengan makanan yang disukai. Misalnya si kecil tidak menyukai wortel dan sangat menyukai nugget, Bunda dapat mencampurkan potongan wortel ke dalam adonan nugget yang Bunda buat.


Artikel Pilihan Lainnya