Si kecil sering merengek untuk diberikan cemilan? Tapi sebelum memberikannya cemilan, Bunda harus selektif dalam memilih makanan ringan untuk ia konsumsi yah. Sudah memilih makanan utama yang bergizi, bukan berarti Bunda bisa asal dalam memilih cemilan untuk si kecil. Walaupun hanya dijadikan sebagai selingan, Bunda tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada cemilan. Lalu cemilan seperti apa yang baik untuk perkembangan otak dan motorik anak? Langsung cari tahu di sini yuk Bunda.

Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

1. Sereal & Biskuit Gandum

Sereal dan biskut yang terbuat dari gandum bisa menjadi alternatif cemilan sehat yang bisa Bunda berikan untuk si kecil. Cemilan gandum ini sangat baik untuk perkembangan otak dan juga motorik anak. Kandungan seratnya mampu memberikan energi untuk si kecil. Sementara kandungan vitamin E, vitamin B, zink dan kalium-nya yang tinggi juga akan mengoptimalkan fungsi kerja otaknya.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

2. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan menurut penelitian, diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Bunda juga tidak perlu khawatir si kecil enggan untuk menyantap cemilan sehat yang satu ini, karena rasanya juga sangat nikmat dan pilihannya pun beragam, mulai dari kacang tanah, kacang hijau, kacang mede, hazelnut hingga kacang almond yang sangat kaya akan nutrisi.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

3. Yogurt & Keju

Produk olahan susu seperti yogurt dan keju memang terkenal akan kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi. Protein dan vitamin B pada olahan susu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan enzim dan jaringan otak. Tidak hanya itu, susu dan yogurt juga mengandung vitamin D yang penting untuk perkembangan otot dan saraf tubuh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

4. Buah Beri

Buah beri memang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi yang dapat berperan dalam perkembangan otak dan motorik anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil. Dan ternyata tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 berperan dalam perkembangan kecerdasan anak. Selain itu, antioksi dan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya, juga dapat mengurangi stres serta berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

5. Telur

Bingung mau membuatkan cemilan apa untuk si kecil? Bunda bisa membuat aneka makanan yang menarik dan enak hanya dengan 1 butir telur. Bunda bisa memvariasikannya menjadi omelet, telur dadar, martabak, ataupun dadar gulung yang diisi dengan daging dan sayur. Selain rasanya yang enak, telur juga bisa memenuhi kebutuhan protein si kecil loh, Bunda. Tidak hanya itu, kuning telur juga mengandung zat kolin yang berperan dalam perkembangan otak anak, terutama perkembangan fungsi daya ingat dan membuat anak tidak mudah merasa lelah.

Namun Bunda juga harus membatasi konsumsi telur untuk si kecil. Karena selain kaya akan gizi, kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan anak jika dikonsumsi secara berlebihan. Cukup berikan satu butir telur kepada si kecil setiap harinya.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

6. Keripik Sayur dan Buah

Si kecil sulit tidak suka makan buah dan sayur? Tenang, Bunda bisa menyiasatinya dengan membe uah dan sayur yang sudah dikeringkan dalam bentuk keripik. Rasanya yang rikan si kecil b renyah pasti membuat si kecil ketagihan makan cemilan sayur dan buah yang sehat ini. Bunda bisa membuatnya sendiri dirumah atau juga bisa membeli keripik buah dan sayur yang saat ini banyak dijual di pasaran. Namun jika membeli keripik kemasan, jangan lupa untuk memperhatikan kandungannya yah, Bunda. Sebaiknya pilih keripik buah dan sayur yang murni, dalam artian tidak ditambahkan dengan pemanis buatan dan juga pengawet.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

7. Smoothies

Cara lain untuk membuat anak mau mengkonsumsi sayur dan buah-buahan adalah dengan membuatkannya smoothies. Kombinasikanlah beberapa macam buah dan sayur seperti kiwi, jeruk, pisang, nanas dan bayam, lalu tambahkan yogurt atau susu rendah lemak ke dalamnya. Nutrisi yang didapatkan dari smoothies ini pastinya tidak kalah dengan nutrisi dari sayur dan buah segar. Warnanya yang menarik dan rasanya yang enak pasti akan membuat si kecil ketagihan dengan minuman sehat yang satu ini.


Yuk Kenali 8 Camilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

8. Agar-agar

Daripada membelikan si kecil jajanan yang belum tentu sehat, lebih baik Bunda membuatkan agar-agar untuknya. Kandungan seratnya yang sangat tinggi membuat agar-agar bisa menjadi salah satu cemilan yang baik untuk si kecil. Bunda bisa menambahkan potongan buah segar saat membuat agar-agar, atau bisa juga membentuknya dengan cetakan-cetakan lucu untuk menarik si kecil. Selain sehat, agar-agar atau jelly ini juga bisa membuat anak kenyang lebih lama, sehingga ia tidak akan merengek untuk dibelikan cemilan lain yang tidak sehat.


Artikel Pilihan Lainnya