Anak tentunya menjadi anugerah terindah bagi seorang ibu, apalagi ibu yang baru pertama kali merasakan pengalaman merawat seorang anak. Namun peran ibu yang membahagiakan ini terkadang juga menjadi pengalaman yang membingungkan dan mengkhawatirkan. Bahkan tidak sedikit ibu muda yang merasa takut untuk merawat bayinya, termasuk juga memandikannya, apalagi bayi yang baru lahir.

Namun Bunda tidak perlu merasa takut dan khawatir. Asalkan berhati-hati, cermat dan mengerti cara memandikan bayi yang benar, pastinya Bunda akan merasa pengalaman baru yang semakin membuat kehidupan Bunda jadi lebih bahagia. Dan yang paling penting, jangan sampai Bunda melakukan 6 hal ini saat sedang memandikan si buah hati.


Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memandikan Bayi

1. Memakai Sabun dan Shampo Dewasa

Kulit bayi, terutama bayi yang baru lahir tentunya berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih halus dan sensitif terhadap bahan-bahan asing yang menyentuhnya, sehingga membutuhkan perhatian khusus dan tidak bisa dirawat dengan produk yang sama dengan produk orang dewasa.

Jangan pernah menggunakan sabun untuk orang dewasa pada si kecil karena sabun orang dewasa biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang lebih banyak dan tidak cocok untuk kulit bayi yang masih lembut. Pemakaian sabun dewasa untuk bayi akan membuat kulit bayi Bunda menjadi kering, bahkan mengelupas. Selain sabun, hindari pula penggunaan shampo dewasa untuk si kecil karena tidak cocok untuk mata bayi yang masih sangat sensitif. Karena itu, gunakanlah sabun dan shampo khusus bayi. Sabun dan shampo khusus bayi memiliki formula yang lebih lembut dibandingkan sabun dan shampo untuk dewasa.


Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memandikan Bayi

2. Meninggalkannya Sendiri

Jangan pernah sekali pun meninggalkan bayi saat mandi, walaupun hanya beberapa detik saja. Bisa saja si kecil tergelincir, memainkan sabun mandi atau tenggelam di bak mandi saat Bunda lengah. Maka dari itu, sebisa mungkin tetap awasi si kecil saat mandi yah, Bunda. Jika ingin mengambil sesuatu, minta lah orang lain untuk mengambilnya. Selain itu, pastikan selalu ada orang dewasa yang mengawasi si kecil, termasuk juga saat ia sedang mandi.


Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memandikan Bayi

3. Suhu Air yang Terlalu Dingin dan Panas

Karena kulitnya yang sensitif, suhu air yang Bunda gunakan untuk memandikan si kecil juga harus sesuai dengan kulitnya, dalam hal ini tidak terlalu dingin ataupun panas. Suhu air yang paling baik untuk memandikan bayi adalah antara 35-40 derajat celcius. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek suhu air mandi sebelum Bunda memandikan si kecil yah. Supaya lebih mudah, Bunda bisa menggunakan bak mandi bayi Munchkin yang dilengkapi dengan indikator yang akan menyala jika suhu air terlalu panas atau di atas 40 derajat celcius.


Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memandikan Bayi

4. Menggunakan Tempat Pemandian yang Licin

Selain cara memandikan, Bunda juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan untuk memandikan si kecil, salah satunya bak mandi. Pilihlah bak mandi yang bagian permukaan dalam dan alasnya bertekstur atau anti-slip. Bak mandi bertekstur tentunya akan memudahkan Bunda saat memandikan bayi dan juga meminimalisir kemungkinan ia tergelincir karena licin. 


Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Memandikan Bayi

5. Menggunakan Handuk yang Kasar

Seperti yang sudah dijelaskan dalam poin sebelumnya, kulit bayi cenderung masih sangat halus dan sensitif, berbeda dengan kulit orang dewasa. Nah salah satu kesalahan yang sering dilakukan ibu muda adalah mengeringkan tubuh bayi setelah mandi dengan menggunakan handuk yang bahannya kasar. Handuk yang bahannya kasar bisa membuat kulit bayi yang sensitif menjadi lecet. Karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan handuk yang terbuat dari bahan halus dan lembut, yang pastinya ramah untuk kulit si kecil.


6. Sama Sekali tidak Tahu Cara Memandikan Bayi yang Benar

Memiliki anak pertama tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri sekaligus juga kebingungan untuk seorang ibu muda. Pengalaman pertama memiliki anak pasti membuat Bunda harus mempelajari banyak hal, termasuk juga cara yang benar saat memandikan bayi. Tidak mengerti cara memandikan bayi yang benar bisa membahayakan bayi Bunda. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda belajar dan memahami terlebih dahulu cara yang benar untuk memandikan buah hati. Bunda bisa meminta bantuan orang tua, keluarga ataupun teman yang sudah berpengalaman mengurus bayi.

Setelah tahu keenam hal di atas, jangan sampai Bunda melakukannya saat memandikan bayi yah. Rawatlah buah hati Bunda dengan penuh kehati-hatian, cermat dan dengan penuh kasih sayang.

Sumber: https://blog.tokopedia.com


Artikel Pilihan Lainnya